Selasa, 20 September 2016

Laptop dan Netbook

Mengenal Laptop dan Netbook


Laptop dan Netbook sama-sama komputer jinjing yang mudah dibawa ke mana pun kita pergi. Namun, laptop dan netbook pada dasarnya tidak benar-benar sama.

Laptop
Laptop sering kali disebut Notebook atau Powerbook (Mac). Laptop adalah komputer jinjing berukuran kecil dan ringan yang mudah dipindahkan, dibawa ke mana saja, dan dimasukkan ke dalam tas. Semua hardware laptop sama dengan PC Desktop,  namun dibuat lebih kecil, ringkas, dan tipis, terpasang menjadi satu pada sebuah casing berbahan plastik, magnesium alloy, atau alumunium yang kuat dan tahan air.
Berat laptop biasanya sekitar 1-3 kg tergantung ukuran, bahan, dan spesifikasi hardware yang dipasang di dalamnya. Laptop menggunakan sumber daya baterai atau listrik dengan adaptor AC yang dapat digunakan untuk mengisi ulang baterai atau menyalakan laptop itu sendiri.

Netbook
Netbook adalah salah satu jenis laptop yang berukuran kecil, ringan, dan secara khusus dirancang untuk memenuhi kebutuhan akses internet tanpa kabel. Istilah "netbook" dipopulerkan oleh Microsoft yang memproduksi prosesor kelas ekonomis,  yaitu prosesor Intel Atom untuk notebook yang secara khusus digunakan untuk mengakses internet. Oleh karena itu, netbook selalu dilengkapi Wi-Fi untuk menangkap sinyal internet di area Hotspot. Berdasarkan fungsinya, Notebook jenis ini kemudian dikenal sebagai netbook. Namun perlu diingat, netbook tidak dikenal di dunia Macintosh sehingga sebuah netbook umumnya bersistem operasi MS Windows atau Linux.  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar